Selasa, 07 Maret 2023

Tentang Organisasi di MAN 1 Ciamis?

Macam-Macam Organisasi Intra dan Ekstrakurikuler yang ada di MAN 1 Darussalam Ciamis.

1. Organisasi Intra di MAN 1 Darussalam Ciamis
Siswa yang akan menjadi pengurus MPK dan OSIS, harus membuat esai tentang kepemimpinan, dan mengikuti tahapan penyeleksian melalui wawancara untuk mengetahui kemampuan berfikir, pengetahuan tentang organisasi, tes baca al- qur’an, serta mengikuti latihan dasar kepemimpinan (LDK), disini para calon pengurus MPK dan OSIS dilatih, di bimbing untuk menjadi kader MPK dan OSIS yang siap kerja, bertanggung jawab, disiplin, peka terhadap sekiranya, ilmu-ilmu tentang kepemimpinan, surat menyurat, penulisan anggaran biaya semua di samaikan melalui season yang di isi oleh pemateri guru yang handal di bidangnya. Setealah mengikuti latihan dasar kepemimpinan (LDK) para anggota akan dilantik dan mengucap sumpah janji yang di bacakan oleh Bapak Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd., yang di baca ulang oleh seluruh anggota calon MPK, OSIS, dan BPH Eksrakulikuler. Ada 2 organisasi yang menjadi intra di MAN 1 Darussalam Ciamis :
Logo MPK MAN 1 Ciamis
a. MPK adalah kepanjangan dari Majelis Perwakilan Kelas. MPK adalah suatu organisasi di sekolah yang bertugas mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya selama masa jabatannya berlangsung. Jabatan MPK lebih tinggi dari pada OSIS dan Ekstrakurikuler lainnya, karena MPK-lah satu-satunya organisasi di sekolah yang dapat memantau, mengawasi, mengevaluasi kinerja serta membantu tugas-tugas dari OSIS dan Ekstrakurikuler, serta membantu Bimbingan Konseling (BK) dalam menertibkan siswa-siswa MAN 1 Darussalam Ciamis. Pembinanya adalah Ibu Dr. Hj. Chusna Arifah, S.Pd., M.Pd.I. 
Logo OSIS
b. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Secara umum, OSIS setiap hurufnya mempunyai pengertian masing – masing yaitu: 
1) Organisasi adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu ikatan ketentuan yang telah disepakati bersama. 
2) Siswa atau siswa - siswi adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Intra adalah terletak dibagian dalam. Maksudnya suatu organisasi yang terletak di dalam atau di lingkungan sekolah yang bersangkutan. 
3) Sekolah atau satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Secara fungsional, OSIS merupakan organisasi yang dibentuk dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan. Oleh karena itu, OSIS mempunyai tugas dan kewajiban yaitu membantu mengusahakan kelancaran pelaksanaan program pengajaran dan pembinaan generasi muda disekolah.
Organisasi Intra Sekolah (OSIS) suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus oleh guru pembimbing dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada suatu sekolah tempat OSIS itu berada. Pembinanya adalah Ibu Dr. Hj. Chusna Arifah, S.Pd., M.Pd.I. 

2.  Organisasi Ekstra di MAN 1 Darussalam Ciamis.
Logo Ambalan Alfaro
a. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Penegak Putra di MAN 1 Darussalam Ciamis mempunyai nama ambalan yaitu Ali bin Abi Thalib, pembinanya adalah Bapak Fani Rahman, S.Pd., dan Penegak purti nama ambalannya Fatimatuzzahra, pembinanya Ibu Elisa Winda Listiani, S.Pd.I.,M.Pd.I dan untuk yang menjadi pengurus organisasi pramuka di MAN 1 Darussalam Ciamis dinamakan Bantara. Latihan pramuka biasanya dilaksanakan setiap hari jum’at siang di lapang MAN 1 Darussalam Ciamis, anggota pramuka terdiri dari kelas X, dan kelas XI jadi anggota bantara yang melatih memberi materi tentang pengetahuan kepramukaan, seperti materi semaphore, sandi morse, sandi rumput, tali temali, kompas. 
Logo Paskibra MAN 1 Ciamis
b. Paskibra adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera dan merupakan ekstrakurikuler yang di dalamnya dilatih tentang kedisiplinan yang tinggi, dan ilmu pengetahuan tentang pengibaran bendera. Kegiatan dalam yang dilakukan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Paskibra meliputi berbagai jenis kegiatan, diantaranya adalah: Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera (TUB), serta Latihan Kepemimpinan Dasar. Pembinanya adalah Drs. A Zaeni. 
Logo BSM
c. Bulan Sabit Merah (BSM) adalah sebuah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang kemanusiaan. Bulan Sabit Merah (BSM) merupakan ekstrakurikuler yang di dalamnya diajarkan tentang rasa kemanusian yang tinggi, tolong menolong, cara-cara mengobati orang sakit atau pertolongan pertama, memahami golongan darah, praktek kelipatan atau pembidayaan. Pembingnya adalah Ibu Tiara Damayanti, S.Sn 
Logo English Club MAN 1 Ciamis
d. English Club (EC) merupakan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mewadahi siswa-siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis dalam pengembangan minat bakat dalam pengetahuan, dan cara yang berbicara yang baik tentang bahasa inggris. Pembinanya adalah Ibu Dra. Rohmat Muti’ah.
Logo JSC MAN 1 Ciamis
e. Jurnalis Student Club (JSC) merupakan ekstrakurikuler yang mewadahi siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis, yang di dalamnya siswa - siswi yang gemar menggambar, desain, fotografer, dll untuk dilatih kemampuan minat dan bakatnya supaya tersalurkan dengan baik. Pembinanya adalah Bapak Andri Wicahyono, S.Pd. 
Logo Paduan Suara MAN 1 Ciamis
f. Paduan Suara merupakan ekstrakurikuler yang mewadahi siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis, yang dilatih kemampuan minat, bakat dan kreatifitas siswa- siswi di bidang olah vokal, ekstrakurikuler ini ditujukan bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan dan minat dalam bernyanyi, Pembinanya adalah Bapak M. Khoerussolihin,S.Sos.I 
Logo Bola Voli MAN 1 Ciamis
f. Bola Voli merupakan salah satu ekstrakurikuler yang menjadi wadah untuk meningakatkan prestasi di bidang non akademik khususnya olahraga. Pembekalan belajar diarahkan untuk membina prestasi yang tinggi, pertumbuhan fisik yang baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar. Sehingga siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis tersalurkan minat bakatnya dengan baik. Pembinanya adalah Bapak Ajat Sudrajat, S.Pd. 
Logo Basket MAN 1 Ciamis
g. Basket merupakan salah satu eksrakulikuler yang ada di MAN 1 Darussalam Ciamis, yang menjadi wadah untuk meningkatkan prestasi non akademik khususnya olahraga. Pembekalan belajar diarahkan untuk membina prestasi yang tinggi, pertumbuhan fisik yang baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar. Sehingga siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis tersalurkan minat bakatnya dengan baik. Pembinanya adalah Bapak Andre Indiana Toffany, S.Pd. 
Logo Badminton MAN 1 Ciamis
h. Badminton merupakan salah satu ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa untuk menyalurkan minat dan bakat di bidang olahraga badminton. Pembinanya adalah Bapak Endang Asep Saputra, S.Pd. 
Logo DFC MAN 1 Ciamis
i. Darussalam Footbal Ciamis (DFC) merupakan salah satu eksrakulikuler yang ada di MAN 1 Darussalam Ciamis, yang menjadi wadah untuk meningkatkan prestasi non akademik khususnya olahraga. Pembekalan belajar diarahkan untuk membina prestasi yang tinggi, pertumbuhan fisik yang baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar. Sehingga siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis tersalurkan minat bakatnya dengan baik. Pembinanya adalah Bapak Anis Husni Firdaus S.Th.I., M.Pd.I. 
Logo Tenis Meja MAN 1 Ciamis
j. Tenis Meja merupakan salah satu eksrakulikuler yang ada di MAN 1 Darussalam Ciamis, yang menjadi wadah untuk meningkatkan prestasi non akademik khususnya olahraga. Pembekalan belajar diarahkan untuk membina prestasi yang tinggi, pertumbuhan fisik yang baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar. Sehingga siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis tersalurkan minat bakatnya dengan baik. Pembinanya adalah Bapak Dudun Hernawan, M.Pd.I. 
Logo BKC
k. BKC atau Bandung Karate Club merupakan ekstrakurikuler yang beorientasi pada kegiatan bela diri berupa Karate. BKC dapat dikatakan sebagai ekskul yang dirintis oleh ilmu bela diri dalam BKC ini pun mempunyai aturan-aturan dan pemahaman dalam bidang bela diri yang baik. Sehingga siswa - siswi MAN 1 Darussalam Ciamis tersalurkan minat bakatnya dengan baik. Pelatihnya adalah Bapak Tata Bahtiar. 
Logo Perisai Diri
l. Perisai Diri merupakan salah satu organisasi olahraga beladiri dalam keanggotaan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Perisai Diri menjadi salah satu dari sepuluh perguruan silat yang mendapat predikat Perguruan Historis karena mempunyai peran besar dalam sejarah terbentuk dan berkembangnya IPSI. Pelatihnya adalah Irvine yang di kirim dari sekretariat perisai diri ciamis.

Nah, itulah organisasi intra dan ekstra yang aktif di MAN 1 Darussalam Ciamis, namun selain itu juga setiap program memiliki organisasi internal yang gak kalah seru dan menunjang dalam pengembangan minat bakat siswa-siswi.

1 komentar:

  1. untuk keseluruhan isi blog bagus, kurang plugin jam,visitor dan follower min blm 5

    BalasHapus

Tentang Organisasi di MAN 1 Ciamis?

Macam-Macam Organisasi Intra dan Ekstrakurikuler yang ada di MAN 1 Darussalam Ciamis. 1. Organisasi Intra di MAN 1 Darussalam Ciamis Siswa y...